Template Opencart

Saat artikel ini ditulis fasilitas Google Translate atau GoogleTerjemahan
(http://translate.google.co.id) telah mendukung 57 bahasa di dunia. Bahasa-bahasa yang di dukung tersebut salah satunya adalah bahasa Indonesia, ke-56 bahasa lainnya adalah:
  1. Afrikaans
  2. Albania
  3. Arab
  4. Armenia
  5. Azerbaijan
  6. Basque
  7. Belanda
  8. Bulgar
  9. Byelorusia
  10. Cek
  11. Dansk
  12. Esti
  13. Farsi
  14. Galisia
  15. Georgia
  16. Hindi
  17. Ibrani
  18. Inggris
  19. Irlandia
  20. Islan
  21. Italia
  22. Jepang
  23. Jerman
  24. Katalana
  25. Korea
  26. Kreol Haiti
  27. Kroat
  28. Latvi
  29. Lituavi 
  30. Magyar
  31. Makedonia
  32. Malta
  33. Mandarin
  34. Melayu
  35. Norsk
  36. Pilipino
  37. Polski
  38. Portugis
  39. Prancis
  40. Rumania
  41. Rusia
  42. Serb
  43. Sloven
  44. Slowakia
  45. Spanyol
  46. Suomi
  47. Swahili
  48. Swensk
  49. Thai     
  50. Turki
  51. Ukraina
  52. Urdu
  53. Vietnam
  54. Wales
  55. Yiddi
  56. Yunani

Nah, kali ini kita akan memanfaatkan mesin penerjemah yang sangat canggih dari Google Translate tersebut untuk membuat website Joomla kita menjadi website multibahasa. Sungguh kerja yang sangat melelahkan jika kita membuat website dalam 57 bahasa. Namun, dengan Google Translate jika cukup memasang satu menu atau tombol penerjemah, website kita sudah otomatis menjadi website multibahasa.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka browser anda dan ketikkan alamat Google Translate yaitu http://translate.google.co.id (bisa juga tinggal klik alamat tersebut).


2. Cari dan klik menu Alat dan Sumber Daya yang berada di kolom menu kiri bawah.


3. Di tengah web Google Translate terdapat 3 langkah yang harus anda lakukan:


Pertama, pilihlah bahasa laman web anda. Kami menyarankan pilih Bahasa Inggris, walau pun web anda menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya.


Kedua, pilihlah setelan opsional. Di sini anda bisa memilih apakah website multibahasa anda akan menggunakan seluruh bahasa yang didukung Google Translate (57 bahasa) atau hanya bahasa-bahasa tertentu saja yang anda inginkan.


Ketiga, salin dan tempel cuplikan kode ini ke laman web Anda.


Kode inilah nantinya yang anda copy dan paste-kan pada modul baru Custom HTML di website Joomla anda. Ingat, gunakan login admin html ketika membuat modul tersebut.

Berikut kode HTML tersebut untuk web multibahasa dalam 57 bahasa penerjemah Google yang bisa langsung anda copy paste ke web anda:



Contoh tampilan penerjemah ini di halaman web kita adalah:


Di atas terlihat bahwa pilihan bahasa untuk web multibahasa kita dalam bentuk drop down, bentuk ini adalah setingan default Google Translate karena bahasa yang akan ditampilkan sangat banyak, 57 bahasa, sehingga tidak banyak memakan tempat di tampilan web kita.

Nah, mudah bukan! Anda tidak perlu lagi bersusah-payah menerjemahkan isi website anda, semua cukup dengan sekali klik tombol translate, terjemahan ke dalam bahasa yang diinginkan pun langsung tampil di browser anda. Tapi ingat, ini semua terjemahan mesin, jadi harap maklum aja kalau ada hasil terjemahannya yang tidak ada atau terasa tidak pas. Tapi dari segi kemudahan, sangat membantu sekali.

sumber : http://joomla.pustaka78.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top