Template Opencart

Untuk mempercantik tampilan website Joomla kita, maka perlu ditambahkan aksesoris di web kita. Aksesoris atau ekstensions Joomla yang sering digunakan adalah modul. Modul dapat ditempatkan dimana saja di web kita, tergantung posisi yang dimilki template yang sedang kita gunakan. Beragam modul siap pakai selain dapat didownload secara gratis di Extensions Joomla!, juga bisa kita buat sendiri secara manual.

Membuat modul secara manual ini merupakan pengetahuan yang sangat penting anda miliki. Dengan cara ini anda bisa membuat baner atau iklan yang cantik untuk web anda. Membuat modul link ke website-website sahabat anda atau website populer lainnya. Dan yang teramat sering adalah membuat modul dengan copy paste kode-kode HTML dari pihat ketiga, seperti Google Translate, Shoutmix, Histats, Flagcounter, Feedjit, dll.

Untuk mempraktekkan membuat modul Joomla secara manual ini ikuti langkah-langkah berikut:

1. Loginlah ke halaman admin anda, gunakan admin login html (ikuti tutorial sebelumnya tentang cara membuat admin login html)

2. Pilih menu Extensions > Module Manager.


3. Klik tombol New.


4. Klik tulisan Custom HTML.


5. Pada form Details, isilah judul modul yang anda buat, untuk sementara biarkan setingan lainnya apa adanya.


6. Pada area Custom Output, tuliskan isi modul anda. Jika isinya berupa kode-kode HTML, paste-kan di area ini.


7. Akhiri dengan mengklik tombol Save.


Nah, cukup mudah kan? Untuk melihatnya, coba buka atau refresh halaman frontend website Joomla anda maka akan tampak modul sederhana buatan anda tersebut seperti pada gambar di bawah ini:


Pastikan anda selalu mengingat tutorial ini karena pada tutorial-tutorial berikutnya akan selalu berhubungan dengan tutorial ini. Jika masih belum mengerti atau ada pertanyaan lainnya, silakan isi komentar anda pada form komentar di bawah ini.
 

1 komentar:

 
Top